Mudahnya Menanam Bunga Kancing (Bunga Udel-udelan)

Mudahnya Menanam Bunga Kancing (Bunga Udel-udelan)
Di daerah tempat tinggalku, bunga ini dikenal dengan sebutan bunga udel-udelan (dalam bahasa jawa) atau bunga jel-bujelen (dalam bahasa madura). Sedangkan sebutan populer lainnya adalah bunga kenop/bunga kancing.
Sebenarnya, bunga ini mudah banget untuk dikembangbiakkan. Pasalnya, bunga yang sudah kering dari tanaman ini jika terjatuh di atas permukaan tanah maka di situlah ia akan tumbuh. Sehingga kamu akan menemui banyak anakan bunga udel-udelan ini di dekat tanaman bunga induknya.
Tapi jika kamu tertarik untuk menanam bunga ini dengan menyemai sendiri, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
  1. Siapkan lahan/wadah berisi tanah sebagai media untuk penyemaian
  2. Petik bunga yang sudah mengering, ditandai dengan warna putih kecoklatan  
  3. Remas-remas bunga hingga berbentuk seperti taburan. 
  4. Sebar bunga yang sudah diremas. Hal ini bertujuan agar bibit/tunas bunga udel-udelan tidak menumpuk saat tumbuh sehingga memudahkan kita untuk memindahkannya ke tempat/lahan yang diinginkan 
  5. Setelah semua remasan bunga udel-udelan ditabur, tutupi dengan tanah yang tidak terlalu tebal tapi juga tidak terlalu tipis. Hal ini bertujuan agar saat penyiraman, bunga-bunga tersebut tidak muncul ke permukaan jika terkena siraman air. Sedangkan penutupan tanah yang tidak terlalu tebal bertujuan agar memudahkan calon tunas muncul ke permukaan tanah dengan cepat. 
  6. Jangan lupa untuk menyiram minimal dua kali sehari (pagi dan sore hari)
  7. Jika tunas/bibit bunga udel-udelan sudah berdaun (bukan daun semu, tapi daun sesungguhnya) sekitar 2-4 helai, maka kamu bisa memindahkannya dengan hati-hati ke lahan/tanah. 
Perawatan bunga udel-udelan ini tidak terlalu sulit. Bahkan, tanpa kamu beri pupuk-pun, tanaman ini akan tetap berbunga dan tumbuh subur. Asalkan kamu rajin menyiramnya. 
Salam cantik !

Comments