Cara Mudah Untuk Mengetahui Nama Bunga Dengan Menggunakan Smartphone

Cara Mudah Untuk Mengetahui Nama Bunga Dengan Menggunakan Smartphone
Suatu hari, ada sebuah tanaman bunga yang tumbuh di pekarangan rumahku. Seingatku, aku tidak pernah menanamnya. Jadi aku ingin mempublikasikan di dalam blog ini. Tapi masalahnya adalah aku tidak mengetahui nama dari bunga tersebut. 

Kemudian aku coba untuk mencari namanya dengan berbagai keyword yang aku ketikkan di mesin pencarian google. Tapi tetap saja, keyword yang dimasukkan kurang tepat sehingga hasilnya tidak maksimal.


Singkat cerita (setelah sekian bulan) akhirnya aku mengetahui nama dari bunga tersebut. Dengan cara apa? Dengan cara yang sangat mudah yaitu untuk mengetahui nama bunga atau tanaman yang aku temui tersebut ternyata cukup dengan Smartphone. Kita hanya perlu menginstal aplikasi Picture This yang bisa diunduh di play store secara gratis. 


Cara untuk menggunakan aplikasi ini sangatlah mudah. Yang penting adalah smartphone kita terkoneksi dengan internet yang cukup stabil. Jika kamu tertarik, yuk ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui nama bunga atau tanaman yang kamu temui dengan menggunakan aplikasi Picture This:

Pastikan kamu sudah menginstal aplikasinya. 
  1. Buka aplikasi Picture This dan ketuk ikon kamera 'Take a picture'. 
  2. Arahkan kamera ponsel ke kelopak bunga yang ingin kita ketahui. Gunakan auto foccus agar hasil jepretan lebih baik. Jangan lupa tap 'bulatan kecil' untuk menjepret gambar.
  3. Tunggu proses loading pengidentifikasian gambar. 
  4. Setelahnya akan muncul hasil identifikasi gambar. Hasil identifikasi biasanya menampilkan beberapa pilihan gambar yang mungkin sangat mirip dengan hasil jepretanmu. Sehingga bisa dikatakan bahwa kualitas kamera dan kefokusan kamera sangat menentukan hasil akhir. 
  5. Kamu bisa melihat informasi detil mengenai hasil identifikasi dengan mengklik 'More detail' atau tap nama bunganya. 
Cara Mudah Untuk Mengetahui Nama Bunga Dengan Menggunakan Smartphone
Banyak informasi yang akan diperoleh dari hasil identifikasi gambar tersebut, mulai dari informasi tanaman secara umum, pemeliharaan dan perawatan hingga kumpulan galeri / gambar dari penjuru dunia. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas, ada beberapa pilihan gambar (hasil) yang mendekati dengan gambar. Jadi saranku adalah cek satu per satu dari hasil identifikasi tersebut. 
Misalkan dari pengalamanku, dari gambar tersebut aku mengira bahwa nama bunga yang aku cari adalah Coreopsis drummondii, tapi setelah aku cek, ternyata bunga yang aku cari bernama Yellow Cosmos / Cosmos sulphureus
Akhirnya aku mengetahui nama latin dari bunga kuning tersebut, meski aku belum mengetahui nama lokal dari bunga itu wkwkw. 
Katanya sih bunga kenikir kuning.
Selamat mencoba.  😊

Comments