Bisa Kok, Menanam Kencur Di Lahan Sempit

Tanaman kencur sudah tidak asing lagi di telinga kita, terutama kaum wanita dan ibu-ibu. Kencur memiliki bau yang khas yang membedakannya dengan tanaman rempah 'saudaranya', seperti jahe, kunyit dan kunci. 
Nah, untuk menanam kencur sangatlah mudah. Kamu cukup menyediakan bibit kencur yang bisa kamu peroleh dengan cara membeli bibitnya langsung atau membeli kencur di pedagang bumbu lalu diamkan beberapa minggu, sampai kencur tersebut bertunas. 
Bisa Kok, Menanam Kencur Di Lahan Sempit ala beauties gardener
Seperti yang aku lakukan. Karena lama tidak memasak menggunakan bumbu ini, akhirnya kencur yang dibeli sekian waktu yang lalu tumbuh tunas. Kan sayang sekali kalau dibuang.
Nah, untuk menanam kencur ini tidak perlu memakan lahan yang luas. Jadi jika kamu memiliki lahan sempit di rumahmu, tidak masalah. Tanam saja.
Misalkan tanam kencur layaknya bunga yang ditanam di dalam pot. Gimana tertarik?
Jika kamu ingin menanam kencur di dalam pot, kamu bisa melakukannya seperti berikut ini:
  1. Pastikan bibit kencur sudah tersedia (bibit dalam kondisi bagus, tidak busuk)
  2. Siapkan pot berukuran sedang + diisi tanah (campur pupuk kompos)
  3. Buat lubang sedalam ukuran telunjuk jari (tapi tidak harus begitu. Karena di sesuaikan dengan ukuran kencur)
  4. Masukkan kencur dengan tunas menghadap ke atas. Ini memudahkan tunas kencur agar tidak patah dan mudah untuk tumbuh ke atas. 
  5. Atur letak kencur, jangan terlalu mepet antara satu kencur dengan yang lainnya. Ini memudahkan kencur untuk berkembang biak. Ini juga bergantung pada besarnya pot yang kamu gunakan. Silahkan disesuaikan. 
  6. Tutup kencur dengan tanah (tidak terlalu tipis tapi juga tidak terlalu tebal).
  7. Siram kencur yang baru saja ditanam secara perlahan, agar tidak menggerus tanah.
Menanam kencur sendiri meski di lahan sempit (terutama di dalam pot) ini membawa beberapa manfaat, misalkan: 
  1. Kita memiliki stok kencur hidup untuk memasak, jadi tidak perlu membeli ketika butuh kencur. Apalagi kalau butuhnya cuma sedikit, satu atau dua ruas saja. Iyakan? 
  2. Tanaman kencur tersebut bisa juga berguna sebagai tanaman hias secara tidak langsung. Karena kencur memiliki bunga yang cukup cantik, berwarna putih keunguan.
Jadi, bagaimana? Tunggu apalagi, yuk menanam kencur. Semoga bermanfaat dan salam Cantik. 

Comments